Bahasa high (bahasa H) merupakan bahasa-bahasa yang digunakan dalam lingkungan, kontak dan suasana tertentu berdampingan dengan bahasa daerah yang disebut bahasa low (bahasa L) yang dipengaruhi oleh bahasa high. Istilah H dan L dikemukakan oleh Ferguson. Di Indonesia, bahasa Indonesia mempunyai kedudukan sebagai bahasa H sedangkan bahasa daerah  misalnya bahasa Jawa sebagai bahasa L. Bahasa daerah digunakan pada lingkungan keluarga dan menunjukan keakraban sedangkan bahasa Indonesia digunakan pada situasi formal atau resmi. Bahasa high diprioritaskan atau ditempatkan paling atas. Penggunaan suatu bahasa dengan tingkat/prestise paling atas dan bahasa daerah/dialek setempat/jenis bahasa yang lain ditentukan oleh lingkungan sosial.

Kode merupakan bahasa atau logat, tingkat-tingkat, gaya cerita, dan gaya percakapan. Kode digunakan dalam situasi dan konteks tertentu. Faktor yang paling berpengaruh pada kode H atau L adalah faktor prestise, pengaruh, reputasi, kemuliaan, dan kehormatan. Perasaan yang menyangkut prestise menyebabkan orang hanya mengganggap kode H yang terbaik sebagai ukuran tertinggi bagi kedudukan sosial seseorang, selain itu terdapat kepercayaan bahwa bahasa H lebih indah, lebih mampu dan lebih logis untuk menyatakan pikiran-pikiran penting.

Bahasa Indonesia mempunyai posisi H karena semua profesi yang memerlukan pengetahuan teknis, yang sangat menentukan mata pencaharian seseorang hampir seluruhnya dicapai dengan bahasa Indonesia sedangkan bahasa daerah misalnya bahasa Jawa dengan posisi L dapat mengalihkan segala kekayaan saastranya yang diakui oleh seluruh dunia tinggi nilai-nilai kebudayaannya itu kepada bahasa Indonesia dengan konsekuensi kebahasaan bagi bahasa  Indonesia, misalnya disebabkan oleh adanya istilah khas Jawa.

Frekuensi pemakaian bahasa H dan L sama kuat dan stabil dan akan berlangsung sepanjang abad. Bahasa Indonesia akan tetap berkuasa dalam bidang-bidang yang resmi dan bahasa daerah akan menguasai sepanjang jaman lapangan kehidupan sehari-hari baik ditempat umum maupun dalam kehidupan keluarga dan di antara teman-teman.

Sumber: Materi yang diberikan dosen dalam mata kuliah Bahasa-Bahasa Nusantara.



1 Comment so far

  1.    bastcilkdoptb on January 25, 2016 7:25 pm      Reply

    You are a very smart person!

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind