Internet merupakan media bagi masyarakat untuk mencari berbagai macam informasi di seluruh dunia. Dalam perkembangannya diciptakanlah situs-situs pertemanan misalnya facebook untuk berinteraksi antar teman. Situs pertemanan ini telah menjadi gaya hidup masyarakat. Kebutuhan manusia akan interaksi menjadi faktor utama penggunaan situs pertemanan ini. Masyarakat semakin dimudahkan untuk berhubungan dengan orang lain. Berbeda dengan handphone yang walaupun juga sebagai media untuk berinteraksi namun penggunaannya terbatas. Misalnya untuk melakukan panggilan, jumlahnya dibatasi bahkan untuk megirim pesanpun harus dikirim satu per satu. Dengan situs pertemanan ini tidak terbatas  jumlah penggunanya, kita bisa berinteraksi dengan siapapun.

Facebook seakan sudah menjadi candu bagi berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai dewasa. Banyak orang yang ketagihan jika sudah menggunakan situs ini. Hal tersebut karena berbagai kemudahan yang ditawarkan dan berbagai aplikasi yang tersedia misalnya games atau mengobrol dengan teman, yang merupakan daya tarik dari situs ini. Belum lagi jika masuk ke dalam group, antar anggota bisa saling bertukar informasi, memberikan info terbaru, dan berdiskusi mengenai suatu masalah. Bagi sebagian orang, ada yang kurang rasanya jika belum membuka akun miliknya sehari saja. Lepas dari facebook merupakan sesuatu yang sulit untuk dijalani karena situs ini telah mendarah daging dan menjadi bagian dari hidupnya.

Setiap membuka internet banyak orang yang pasti juga akan membuka akun facebook miliknya untuk sekedar berbagi aktivitas yang sedang dilakukan ataupun melihat berita terbaru dari teman-temannya. Sebagian orang yang ingin kegiatannya diikuti, mereka rutin mengunggah foto-foto terbarunya. Ada pula orang yang ingin mendapat komentar dengan berbagi foto dirinya sendiri yang mereka anggap bagus dan mengundang perhatian. Hal itu sudah menjadi kebiasaan. Timbul kepuasan tersendiri apabila memainkan situs ini misalnya dengan saling berkomentar ataupun dengan memiliki teman dalam jumlah yang banyak.

Facebook pada mulanya berasal dari luar negeri. Sifat internet yang bisa diakses di seluruh dunia ini akhirnya sampai di Indonesia. Awalnya hanya sebagian orang yang menggunakannya, lama-kelamaan semakin bertambah penggunanya. Situs ini bisa diakses kapanpun pemilik akun itu mau membukanya, sehingga semakin memudahkan untuk berkomunikasi. Alat yang bisa digunakan untuk membuka situs ini misalnya handphone dan laptop juga dapat digunakan kemanapun pergi.

Orang menggunakan situs pertemanan ini mungkin pengaruh dari teman. Sebagian orang, terutama remaja ingin dianggap gaul dengan menggunakan situs ini. Sekarang hampir setiap orang memilikinya, terutama bagi kalangan pelajar atau mahasiswa untuk berinteraksi dengan kelompoknya dan mencari tahu berita terbaru di kampusnya. sehingga situs ini dianggap penting.

Penggunaan facebook tentu mempengaruhi pola hidup seseorang, selain keuntungan yang diperoleh banyak pula efek negatif yang ditimbulkan. Ada yang karena terlalu asyiknya menggunakan situs ini, akhirnya lupa waktu dan mengabaikan kegiatan yang sebenarnya lebih penting. Situs ini merupakan alat interaksi yang bebas sehingga banyak pula penyalahgunaan didalamnya. Penyalahgunaan ini pada akhirnya juga akan mempengaruhi psikologi para pengguna facebook misalnya pada anak-anak yang membaca kata-kata atau melihat gambar yang tidak senonoh.

Namun dengan segala kelebihan dan kekurangan, facebook ini telah menjadi gaya hidup masyarakat. Dilihat dari intensitas penggunaan dan banyaknya pengguna situs ini. Kegiatan yang dilakukan dalam mengakses situs tersebut juga dapat menjadi alasan bahwa penggunaan facebook ini telah menjadi gaya hidup.



1 Comment so far

  1.    Poker online terpercaya kaskus on November 29, 2016 6:41 pm      Reply

    mantap gan artikel nya…

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind