Mengobati Jerawat

November 4, 2011 | 1 Comment

Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Zingiberales
Famili: Zingiberaceae
Upafamili: Zingiberoideae
Genus: Kaempferia
Spesies: K. galanga

Itulah Kencur (Kaempferia galanga L.) adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand). Dalam pustaka internasional (bahasa Inggris) kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal (Alpinia officinarum) maupun zedoary (temu putih), yang sebetulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti. Terdapat pula kerabat dekat kencur yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat, temu rapet (K. rotunda Jacq.), namun mudah dibedakan dari daunnya. (http://id.wikipedia.org/wiki/Kencur)

Mengobati jerawat dengan kencur caranya mudah, kencur dibelah menjadi dua kemudian dioleskan pada jerawat, memang rasanya perih tetapi jika mengobati dengan teratur 2-3 kali sehari, jerawat akan sembuh.



1 Comment so far

  1.    ohJerawat on November 19, 2016 9:02 am      Reply

    Obat jerawat oral, merupakan obat yang penggunaannya dengan dikonsumsi. Obat ini biasanya lebih bersifat mencegah daripada mengobati. Namun, sebagian obat juga berfungsi untuk meredakan rasa sakit, inflamasi, dan pembengkakan pada jerawat.

    Sedangkan obat topikal merupakan obat yang penggunaannya dengan cara dioleskan pada daerah yang berjerawat. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati jerawat yang gejalanya telah terlebih dahulu muncul. Seperti bintik merah/hitam, sakit jika dipegang, ataupun gejala jerawat lainnya.

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind