1. Pelatihan dan Pengembangan Self Confidence: Pidato SDN 4 Panawangan Kelas 5
27072013_093717
Pelatihan dan Pengembangan Self Confidence, dalam hal ini pidato, bertujuan untuk melatih keberanian dan kepercayaan diri siswa untuk tampil di depan umum. Siswa dilatih untuk membuat pidato yang baik dan juga diajarkan teknik berpidato. Selain itu siswa juga diberi kesempatan untuk mengomentari pidato yang dibuat oleh teman mereka sendiri. Secara tidak langsung kegiatan ini melatih kekritisan siswa di dalam kelas.

Pada pertemuan pertama siswa dijelaskan mengenai cara membuat pidato yang baik kemudian pidato tersebut ditukarkan dengan teman mereka untuk dikomentari. Pertemuan selanjutnya siswa diajarkan tentang teknik berpidato. Pertemuan terakhir yaitu praktik berpidato di depan kelas.

Program ini dapat berjalan dengan lancar karena adanya dukungan dari guru dan siswa. Guru yang telah memberikan waktunya untuk pelatihan pidato dan siswa yang terlihat cukup nantusias dalam mengikuti pelatihan.

2. Pelatihan Mind Mapping SDN 4 Panawangan Kelas 5
Photo-0062
Mind mapping atau biasa disebut peta pikiran adalah salah satu teknik mencatat dengan memadukan potensi kerja otak. Pelatihan ini bertujuan untuk mempermudah siswa dalam belajar. Mind mapping akan membuat siswa mengingat lebih cepat sehingga dapat menghemat waktu dalam belajar.

Pelatihan ini diterapkan ke dalam beberapa mata pelajaran yaitu IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Pada pertemuan awal para siswa dikenalkan terlebih dahulu dengan mind mapping. Pertemuaan selanjutnya siswa diajarkan cara membuat mind mapping kemudian diterapkan ke dalam mata pelajaran. Pertemuan terakhir, siswa diajarkan cara membaca mind mapping.

Setelah beberapa kali pertemuan siswa sudah dapat membuat dan membaca mind mapping secara mandiri. Mereka juga mampu menerapkannya dalam beberapa pelajaran.

3. Belajar di Luar Ruang SDN 4 Panawangan

Sasaran dari program belajar di luar ruang adalah siswa kelas 4 dan 5. Belajar di luar ruang merupakan metode belajar dengan mengajak para siswa ke luar dari kelas. Belajar terus menerus di dalam kelas dapat membuat siswa merasa bosan. Pelajaran yang sudah mereka peroleh dapat dipraktikan atau dilihat langsung di luar kelas secara nyata dan tidak hanya di bayangkan.

Pertemuan pertama pada mapel Bahasa Inggris, siswa dibentuk menjadi tiga kelompok. Setiap kelompok didampingi oleh satu mahasiswa. Para siswa diajak keluar kelas untuk melihat benda-benda yang ada di sekitar mereka, kemudian menuliskannya ke dalam Bahasa Inggris. Pertemuan kedua pada mapel IPA siswa diajak untuk ke luar kelas mengenal tanaman obat yang ada di sekitar sekolah mereka. Para siswa juga diharapkan mampu untuk mengetahui khasiat dari tanaman obat tersebut. Pada pertemuan ketiga siswa diajak untuk mengenal bentuk akar, batang, dan daun.

Siswa terlihat sangat gembira ketika diajak untuk belajar di luar kelas. Semangat belajarnya bertambah. Mereka dapat dengan leluasa bergerak dan menyentuh objek pembelajaran.

4. Pembelajaran Bangun Ruang SDN 4 Panawangan

Pembelajaran bangun ruang diperuntukan bagi siswa kelas 4 dan 5. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan bentuk-bentuk bangun ruang kepada siswa. Setelah itu siswa diharapkan mampu menyebutkan benda-benda disekitar mereka yang sesuai dengan bentuk-bentuk bangun ruang.

Pengenalan bangun ruang dimulai dengan memperlihatkan learning kit matematika. Siswa dikenalkan bentuk-bentuk bangun ruang seperti kerucut, tabung, limas, prisma, balok, kubus, dan bola. Selain memperkenalkan bentuk-bentuk bangun ruang, para siswa ditunjukan juga bentuk-bentuk jaring-jaring kubus dan balok. Siswa kemudian dilatih untuk membuat jaring-jaring balok dan kubus.

Setelah program ini selesai siswa sudah tahu dan hafal bentuk-bentuk bangun ruang. Siswa juga sudah bisa membuat jaring-jaring kubus.



Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind