5. Pembelajaran Silsilah Keluarga SDN 4 Panawangan
24082013_140614
Silsilah keluarga adalah suatu bagan yang menampilkan hubungan keluarga. Sasaran dari pembelajaran silsilah keluarga adalah siswa kelas 2 dan 3. Tujuan dari program ini adalah untuk lebih mengenal anggota-anggota dalam keluarga. Selain itu juga memudahkan siswa dalam menelusuri asal-usul keluarganya. Setelah belajar silsilah keluarga, para siswa diharapkan mampu untuk membuat silsilah keluarga serta lebih mengenal keluarganya.

Pertemuan pertama, siswa dikenalkan tentang silsilah keluarga. Setelah itu dicontohkan cara membuat silsilah keluarga. Pertemuan selanjutnya siswa diminta untuk membuat silsilah keluarga mereka. Setelah beberapa kali pertemuan siswa sudah mampu untuk membuat silsilah keluarganya.

6. Pelatihan Windows SMPN 1 Panawangan Kelas IX
Photo-0101
Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan siswa mengenai Windows. Tujuan diadakannya pelatihan ini selain untuk mengenalkan Windows juga untuk melatih kelincahan siswa dalam menggunkan komputer. Pelatihan dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama memperkenalkan apa itu Windows bersamaan dengan praktik. Pertemuan selanjutnya yaitu mengulang apa yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.

Para siswa cukup antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Semangat belajar dan rasa ingin tahu mereka begitu tinggi. Hasil dari program ini yaitu bertambahnya pengetahuan siswa tetang Windows.

7. Pelatihan Ms. Excel SMPN 1 Panawangan Kelas VII
20130718_124054
Ms. Excel adalah program aplikasi pada Ms. Office yang digunakan dalam pengolahan data. Pelatihan Ms. Excel dimaksudkan untuk melatih kemampuan siswa dalam mengolah data yang berupa angka. Pada pertemuan pertama, siswa diajarkan cara membuka Ms. Excel sampai dengan membuat data. Setelah itu siswa diberikan rumus-rumus untuk menghitung rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, penjumlahan, pengurangan, dan pembagian. Pertemuan terakhir siswa diberi soal untuk dikerjakan namun masih dengan bimbingan mahasiswa.

Setelah pelatihan Ms. Excel siswa sudah mampu untuk mengolah data sederhana. Siswa dapat dengan mudah menyerap materi yang diberikan. Soal-soal yang diberikan dapat dikerjakan dengan baik.

8. Edukasi PHBS: Menjaga Kebersihan Tangan SDN 4 Panawangan Kelas 2
Program PHBS SD 4
Mencuci tangan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit. Kebersihan tangan sangat penting terutama bagi siswa SD. Sepanjang hari para siswa banyak melakukan kontak langsung dengan teman maupun benda-benda yang dapat menyebabkan menumpuknya bibit penyakit di telapak tangan. Pola hidup sehat khususnya mencuci tangan perlu diajarkan sejak dini.

Program ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan tangan. Siswa diharapkan tahu cara mencuci tangan yang benar dan mampu mempraktekannya setiap kali mencuci tangan.

Program ini diawali dengan pemberian materi mengenai pentingnya mencuci tangan. Para siswa kemudian diajarkan 7 langkah cara mencuci tangan yang benar. Selanjutnya siswa diajak untuk praktek mencuci tangan dengan langkah yang benar tersebut.



Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind