Psikolinguistik adalah suatu studi mengenai penggunaan bahasa dan pemerolehan bahasa oleh manusia. Psikolinguistik berkaitan dengan pengajaran bahasa. Psikolinguistik dan pengajaran bahasa tidak dapat dipisahkan. Fokus dalam psikolinguistik adalah pemerolehan bahasa di samping pembelajaran bahasa dan pengajaran bahasa. Pemerolehan adalah proses penguasaan bahasa yang dilakukan oleh anak secara natural pada waktu belajar bahasa ibu atau bahasa pertamanya.

Ada tiga aliran yang menjelaskan tentang pemerolehan bahasa yaitu aliran behaviorisme, nativis, dan aliran yang menggabungkan antara aliran behavior dan nativis. Aliran behaviorisme berpendapat bahwa pemerolehan bahasa dipengaruhi oleh lingkungan. Aliran nativis berpendapat bahwa kemampuan berbahasa dibawa secara genetik. Aliran yang menggabungkan antara aliran behavior dan nativis berpendapat bahwa bahasa anak dipengruhi oleh lingkungan dan dibawa secara genetik.

Kaum behavioris mengemukakan bahwa proses pemerolehan bahasa pertama dikendalikan dari luar diri anak. Pemerolehan bahasa dilakukan dengan rangsangan yang diberikan melalui lingkungan. Proses pemerolehan itu didasarkan pada perubahan tingkah laku dan juga teori belajar yang pusat perhatiannya tertuju pada peranan lingkungan, baik verbal maupun non verbal.

Lingkungan keluarga dan kehidupan sosial budaya tempat tinggal anak berpengaruh terhadap perkembangan bahasanya. Pendidikan keluarga juga akan mempengaruhi adaptasi anak terhadap bahasa. Anak dengan sendirinya akan menyesuaikan dengan lingkungannya.

Ada dua proses yang terjadi ketika seorang anak memperoleh bahasa pertamanya. Proses tersebut yaitu kompetensi dan performansi. Kompetensi adalah pengetahuan dasar yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari peristiwa atau fakta. Performansi adalah manifestasi atau perwujudan kemampuan seseorang. Proses kompetensi menjadi syarat untuk terjadinya proses performansi yang terdiri atas dua buah proses, yaitu proses pemahaman dan proses penerbitan atau proses menghasilkan kalimat.

Daftar Pustaka:
Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Subyakto, Sri Utari dan Nababan. 1992. Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.



Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind