a524a2da2584e75cb941b7514f11ff7eSaat pertama kali dikenalkan mengenai berbagai UKM yang ada di UGM, ada satu yang paling menarik perhatianku, yaitu Koperasi “Kopma UGM”. Sejak awal kuliah aku memang ingin sekali belajar lebih dalam mengenai bagaimana berwirausaha.

Aku mendaftar di UKM ini pada tahun ke dua perkuliahan, tepatnya tahun 2011 karena pas tahun pertama masih sibuk kuliah 24 sks berturut-turut. Hingga tiba saat pengumuman dan aku dinyatakan resmi menjadi anggota tanggal 2 November 2011. Semua anggota baru diwajibkan ikut diksar (singkatan dari pendidikan dasar). Aku termasuk angkatan 97 (disebut diksarkop 97). Diksar diadakan di Youth Center pada tanggal 3-4 Desember 2011 dengan tema “The Next Entrepreneur”. Rombongan berangkat di pagi hari menggunakan bus. Sebelum berangkat, kami mempraktekkan yel-yel masing-masing kelompok yang sebelumnya telah kami buat saat pembekalan, termasuk juga kelompokku yaitu kelompok Andrie Wongso. Senang rasanya karena dari kegiatan ini aku dapat banyak pengetahuan dan tentunya, teman baru.

Dari diksar ini aku jadi tahu kalau ternyata mahasiswa diberi kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja part time (kerja paruh waktu). Ada 4 divisi yang bisa dimasuki yaitu warpostel, swalayan, kafetaria, dan konsab. Aku memilih untuk masuk jadi part timer warpostel karena hanya masuk hari minggu dan tanggal merah sehingga tidak mengganggu waktu belajar.

Ada 2 shift warpostel yaitu shift 1 dari jam 07.30-14.30 dan shift 2 dari jam 14.00-21.00. Pembagian shift tergantung kesepakatan antar anggota part time. Banyak sekali manfaat yang didapat diantaranya kami diajarkan bagaimana cara mengirim fax, pengiriman JNE, dan pembelian pulsa. Selain dapat mengembangkan potensi diri, anggota part time juga mendapatkan insentif setiap bulannya. Sedangkan sertifikat akan diberikan jika telah selesai kontrak selama 6 bulan. Kontrak dapat diperpanjang dengan mengajukan surat perpanjangan ke bagian personalia.

Pengalaman menjadi anggota koperasi “Kopma UGM” dan part time selama 3 tahun sungguh sangat mengesankan dan tidak akan mungkin terlupakan. Pelatihan-pelatihan yang rutin diadakan, adalah ilmu yang sangat berharga. Serta teman-teman yang begitu baik hati akan menjadi kenangan yang indah dalam hidup :).



2 Comments so far

  1.    obat herbal on October 28, 2016 2:32 am      Reply

    Wow Artikelnya HOT Bagus Bagus… Tetap Lanjut…

  2.    Manfaat on November 15, 2016 6:53 pm      Reply

    memang asik sih kalau menjadi anggota apalagi kalau menjadi ketua, pengalaman pasti akan bertambah

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind