museum pendidikan

Museum Pendidikan Indonesia UNY atau biasa disingkat MPI UNY terletak di Jl. Colombo No.1, Karangmalang, Depok, Sleman, Yogyakarta. Museum ini sangat mudah di jangkau karena berada di dalam kampus UNY. Jika kalian ingin datang, bisa lewat gerbang masuk UNY, MPI UNY tepat berada di belakang rektorat. Dulu, bangunan yang ditempati MPI adalah bekas rektorat pertama UNY ketika masih bernama IKIP Negeri Yogyakarta. MPI UNY diresmikan oleh Gebernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X tanggal 08 Juli 2008.

PENGGAGAS
MPI UNY merupakan museum pendidikan pertama di Indonesia. Penggagas berdirinya MPI UNY adalah Rektor UNY kala itu, Prof. Dr. Sugeng Mardiono Phd. MPI didirikan karena memang pada saat itu belum ada museum pendidikan. Selain itu juga supaya orang dapat dengan mudah belajar tentang pendidikan sekaligus sejarahnya. Setelah MPI didirikan, museum-museum pendidikan lainnya berdiri. Misalnya museum pendidikan Malang yang membahas sejarah kota Malang dan pendidikan yang berada di sana. UPI juga mendirikan museum pendidikan nasional Indonesia.

MPI UNY merupakan salah satu museum yang besar ruangannya. Gedung yang saat ini ditempati MPI di bangun pada tahun 1968 dan selesai tahun 1970. Kepala MPI UNY saat ini adalah Bapak Sardiman AM., M.Pd. Selain itu ada staf pengelola dari UNY dan juga edukator.

KOLEKSI
Koleksi MPI UNY didapat dari hibah, pembelian, dan penitipan. Pada saat itu karena MPI UNY adalah museum pendidikan pertama di Indonesia, sehingga menarik banyak perhatian orang untuk menghibahkan berbagai koleksi yang berhubungan dengan pendidikan. Koleksi yang berasal dari pembelian, bukanlah koleksi yang sembarangan. MPI UNY hanya membeli koleksi dari orang yang mempunyai cerita tentang koleksi tersebut dan berhubungan dengan sejarah pendidikan. Koleksi yang berasal dari pembelian misalnya kertas merang yang terbuat dari bubur merang (kertasnya lebih kaku). Koleksi yang berasal dari penitipan juga mempunyai syarat tertentu yaitu antik dan boleh dipamerkan (dilihat orang). Koleksi yang berasal dari penitipan misalnya naskah tentang sejarah Indonesia. Selain itu, MPI UNY juga banyak mendapatkan koleksi dari museum Dewantara Kirti Griya dan arsip kurikulum dari kementrian.

GALERI
MPI UNY mempunyai tiga galeri. Galeri pertama merupakan galeri sejarah pendidikan. Terdapat foto-foto menteri pendidikan mulai dari menteri pendidikaan yang pertama sampai dengan yang terakhir, foto sekolah dari jaman sebelum kemerdekaan, diorama kelas, diorama rumah adat, dan media pembelajaran serta alat tulis seperti globe yang terbuat dari kayu, daun rontal, sabak dan grip, alat tulis dari bulu angsa, tinta, kertas merang, pensil, pena, alat hitung. Galeri dua terdapat dari tokoh pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara dan RA Kartini, serta contoh-contoh ijazah. Galeri tiga terdapat media pembelajaran IPA (Fisika dan Biologi), mesin ketik, mesin sheet Roneo, alat pemutar Film, dan fosil kerang.

Ketiga galeri yang berada di lantai 1. Di lantai dua terdapat ruang cinema dengan 116 kursi. Ruang cinema digunakan untuk menonton film yang bertema pendidikan. Selain itu terdapat ruang apresiasi karya atau pameran yang bisa digunakan untuk memamerkan karya seperti lukisan tetapi tidak permanen. Kegiatan yang dilakukan rutin oleh MPI UNY untuk menarik penunjung misalnya festival pendidikan, festival dalang cilik, dan festival pendidikan.

JAM BERKUNJUNG
Jam berkunjung di MPI UNY yaitu hari Senin sampai Kamis jam 07.30-15.00, dan hari Jumat sampai jam 07.30-14.00. Pengunjung yang datang ke MPI UNY banyak dari kalangan mahasiswa dan anak sekolah. Tiket masuk ke MPI UNY cekup terjangkau 2500 rupiah. Jika datang bersama rombongan akan ada diskon. Jika masuk ke MPI UNY, kalian akan disambut udara sejuk dan wangi, tempatnya bersih dan nyaman karena dirawat setiap hari.

Penulis adalah edukator di MPI UNY.
Berbagai informasi diperoleh dari berbagai sumber saat edukator bertugas.
Sumber gambar: mpi.uny.ac.id



7 Comments so far

  1.    Maral Sedigh on August 30, 2016 5:49 pm      Reply

    Hi
    Thanks for your good article about web design and seo
    I enjoyed from it
    good luck

  2.    Bertravel Forum on December 6, 2016 1:30 pm      Reply

    Ternyata museum yang di UNY lebih lengkap dibandingkan dengan museum pendidikan di UPI Bandung. Sekarang museum pendidikan UPI koleksinya masih terbatas -_-

  3.    Teknologi on December 9, 2016 11:16 pm      Reply

    memang meseum patut dikembangkan, karena disitulah anak cucu kita bisa menngetahui tentang jerah indonesia.. semoga makin bertambah banyak saja meseum di indonesia

  4.    خرید عسل on December 15, 2016 12:27 pm      Reply

    Bagaimana cara meningkatkan kemampuan public speakingفروش عسل

    •    Roya Ap on December 15, 2016 12:49 pm      Reply

      kuncinya dengan banyak berbicara di depan umum

  5.    Lorain mangothi on January 29, 2017 11:57 pm      Reply

    Good article describing the Education in Indonesia. Thanks.

  6.    aipusolidscontrol on February 7, 2017 3:30 pm      Reply

    very useful information, thank you.

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind