Festival Museum DIY 2015

December 27, 2015 | 2 Comments

20151017_141306Festival Museum DIY adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun dalam rangka menyambut hari nasional yang jatuh pada tanggal 12 Oktober. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY bersama museum-museum anggota Barahmus DIY. Tema Festival Museum DIY 2015 kali ini adalah “Museum for Edutourism” dan dimeriahkan karnaval, pentas tari, pameran museum, dan lomba.

Karnaval museum yang diadakan pada tanggal 14 Oktober 2015 mengawali kegiatan ini. Masing-masing museum mengirimkan kontingen untuk mengikuti karnaval. Karnaval start dari gedung DPRD dan finish di Taman Budaya Yogyakarta. Museum Pendidikan Indonesia (MPI) sendiri menampilkan tema kenakalan pelajar. Kontingen terdiri dari pelajar SMA hingga mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi. Ada pula yang memakai kostum guru dan seragam SMA yang sudah dicoret-coret. Setiap pelajar membawa pesan moral.

Pada hari berikutnya yaitu tanggal 15 sampai 19 Oktober 2015 dilanjutkan dengan pameran museum yang diikuti oleh 33 museum dari DIY dan 6 museum dari Luar DIY. Pameran ini bertempat di Museum Benteng Vredeburg. Berbagai jenis koleksi ditampilkan. Selagi pameran juga diadakan lomba seperti lomba mewarnai, stand up comedy, dan lomba band remaja.

Pada kesempatan kali ini MPI mendapat juara 3 kategori stand terbaik dengan menampilkan video profil MPI, foto-foto yang menggambarkan periodisasi pendidikan, juga alat tulis sabak dan grip yaitu alat tulis sebelum ada kertas.



2 Comments so far

  1.    pengumuman sbmptn on June 20, 2016 2:59 am      Reply

    thx informasion

  2.    Cilla Ribbing on October 18, 2016 4:36 am      Reply

    Fine children

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind