20160229_092436Pagi itu adalah hari ke-2 tim edukator berada di Bandung. Diawali dengan sarapan aneka menu yang disiapkan oleh pihak hotel seperti roti, bubur, nasi, lauk pauk, dan jus buah, kami siap melanjutkan perjalanan wisata. Bila hari pertama kami berjalan kaki, maka hari ini karena lokasinya cukup jauh, kami berangkat dengan bus.

Tangkuban Perahu
Lokasi pertama yang kami kunjungi adalah Tangkuban Perahu yang merupakan primadona pariwisata Jawa Barat. Tangkuban Perahu berada di Lembang, Bandung Utara. Sepanjang perjalanan, hamparan kebun teh dan pepohonan pinus menjadi suguhan yang menyejukkan. Sampai dengan pintu gerbang, kami harus melanjutkan perjalanan dengan ELF karena bus tidak memungkinkan untuk sampai ke atas. Sampai di Kawah Ratu yang merupakan kawah terluas, kami disambut angin kencang dan udara yang sangat dingin. Pada saat itu kawah masih berselimut kabut sehingga kami hanya sesekali bisa melihat dengan jelas kondisinya. Sepanjang kawah dibatasi dengan pagar kayu untuk mencengah pengunjung terjatuh.

Tangkuban Perahu sangat indah, asri, dan sejuk. Inilah yang menjadi daya tarik wisatawan. Ditambah lagi dengan legenda Sangkuriang yang membuat wisatawan penasaran dan mengunjungi lokasi wisata ini. Sampai dengan saat ini gunung Tangkuban Perahu masih aktif sehingga akan tercium bau belerang. Bagi yang tidak tahan dengan bau belerang disarankan untuk membawa masker. Bagi wisatawan lokal akan dikenakan tiket masuk 25.000, dan jika weekend 30.000, sedagnkan untuk wisatawan asing dikenakan tarif 200.000, weekend 300.000. Di buka dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB.

Kebun Teh Gracia
Masih di Lembang, dan tidak jauh dari Tangkuban Perahu, terdapat lokasi wisata kebun teh Gracia. Tidak ada tiket masuk jika hanya ingin berfoto di kebun teh ini karena letaknya dipinggir jalan. Saat kami tiba di sini suasanya sepi, hamparan kebun teh tumbuh subur di kanan dan kiri jalan menyegarkan mata. Momen langka ini kami abadikan untuk berfoto bersama.

Tahu Susu Lembang
Destinasi selanjutnya sebetulnya adalah kebun buah strawberry. Namun karena beberapa kebun belum siap panen maka rencana ini tidak dapat terlaksana. Ke Lembang tak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas. Di jl. Raya Lembang No. 177, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat terdapat sebuaah gerai tahu yang di desain seperti SPBU, jadi tanpa harus turun dari kendaraan kamu bisa dengan mudah membeli tahu. Tempat ini juga sekaligus menjadi rumah produksi tahu susu Lembang.

Tahu susu Lembang terbuat dari kedelai, susu, dan mentega sehingga tercipta tekstur yang lembut. Berbeda dengan tahu daerah lain karena menggunakan susu, Lembang memang terkenal sebagai penghasil susu sapi. Perbedaan lainnya tahu susu ini dikemas seperti kemasan brownies. Di tempat ini tidak hanya tahu yang di jual tetapi banyak juga cemilan lain seperti tempe mendoan, otak-otak, batagor, dan aneka cemilan lain. Tempat ini buka mulai pukul 07.00 hingga 23.00.



3 Comments so far

  1.    Gushairon Fadli on October 13, 2016 9:01 am      Reply

    Wah apa-apa ada ya kak di Bandung, mulai dari Fashion nya yang keren-keren, tempat wisatanya selalu menggoda untuk dikunjungi.

    Jadi kepengen tinggal di Bandung, hehehe

    •    Roya Ap on November 7, 2016 1:19 pm      Reply

      Udah gitu udaranya juga sejuk hehe

  2.    honey on October 18, 2016 9:22 pm      Reply

    thank you

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind