IMG_2214Observasi lapangan dilakukan oleh edukator museum DIY dalam rangka pelatihan permuseuman tingkat dasar oleh Dinas Kebudayaan DIY. Tim edukator dibagi menjadi lima kelompok yaitu edukasi, registrasi, konservasi, tata pamer, serta humas dan pemasaran. Aku sendiri masuk dalam tim humas dan pemasaran. Jadi di museum Geologi, aku dan 7 edukator lainnya hanya mencari data tentang kehumasan dan pemasaran museum.

Museum Geologi terletak di Jl. Diponegoro 57 Bandung, sangat strategis karena terletak di seberang jalan raya. Memasuki depan gedung museum, pengunjung sudah disuguhi koleksi batuan dan fosil kayu yang berada di luar ruangan dan disebut taman koleksi. Di taman koleksi ini juga terdapat taman siklus buatan yang menyajikan berbagai jenis batuan beku, sedimen, dan metamorf. Juga Penggalian fosil interaktif sebagai ranah pengenalan interaktif melalui proses pencarian, penggalian, dan rekonstruksi fosil.

Gedung yang menjadi museum Geologi sekarang, awalnya adalah laboratorium geologi, kantor, dan museum untuk menyimpan dan menyajikan hasil survei Geologi. Museum Geologi diresmikan pada 16 Mei 1929. Museum Ini memiliki ratusan ribu koleksi batuan, mineral, dan koleksi fosil, tetapi sebagian besar di simpan storage atau ruang penyimpanan. Hanya sebagian kecil saja yang disajikan di ruang pamer.

Museum Geologi memiliki dua lantai. Lantai pertama terdapat ruang Sejarah Kehidupan dan Geologi Indonesia. Ruang Sejarah Kehidupan menggambarkan perkembangan kehidupan sejak 4,6 miliar tahun yang lalu, fosil tertuanya yaitu Stromatolit. Tyrannosaurus rex (T.rex) rajanya dinosaurus mewakili masa Mesozoikum. Berbagai replika fosil manusia purba di Indonesia dan dunia juga ada di ruangan ini. Ruang Geologi Indonesia menyajikan koleksi meteorit dan tektit, beberapa jenis mineral seperti kuarsa, ametis, dan pirit. Ruangan ini juga menjelaskan proses terbentuknya kawasan kars di Indonesia, dan proses terbentuknya gunung api di Indonesia.

Sedangkan di lantai dua terdapat ruang Manfaat dan Bencana Geologi menyajikan berbagai manfaat dari sumber daya geologi sejak zaman prasejarah sampai era modern. Serta ruangan Sumber Daya Geologi yang menyajikan potensi energi dan sumber daya mineral yang bermanfaat bagi kehidupan manusia baik berupa logam maupun non logam, dan batu mulia. Sumber daya energi meliputi minyak bumi, gas, batubara.



1 Comment so far

  1.    Flyshgeost on May 2, 2016 10:27 pm      Reply

    Saya pernah kesana dan saya rasa museum geologi kita ini perlu mendapatkan perhatian yang lebih, khususnya dari sisi manajemen pengelolaannya. thanks

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind